Monday, February 25, 2013

BNI HASANAH


BNI Hasanah Card
Hasanah Card berarti :
·         Keutamaan/kebaikan
·         Keamanan
·         Kesehatan badan
·         Cukup harta
·         Keluarga sakinah
·         Unggul dalam persaingan
Strong Benefit/Keunggulan :
1.      Sesuai tuntunan Syariah
2.      Lebih ringan, tidak ada system bunga dan monthly fee dihitung dari sisa pinjaman
3.      Value, tidak kalah menarik dibanding Kartu Kredit Konvensional
4.      BNI Card Center siap membantu anda setiap hari, sepanjang tahun melalui layanan telepon 24 jam BNI Call. Hubungi (021) 5789 9999 atau 68888 dari semua ponsel Anda dan Customer Service kami dengan senang hati akan membantu Anda.
5.      BNI Call juga dapat diakses melalui nomor-nomor telepon local sebagai berikut:
Solo           (0271) 66 9999                        Makasar           (0411) 31 9999

Semarang (024) 831 9999                        Surabaya         (031) 295 9999

Denpasar   (0361) 24 9999                        Medan             (061) 455 9999

Malang      (0341) 34 8999                        Manado           (0431) 85 9999
Biaya Keterlambatan pembanyaran dan Over Limit
Jenis Kartu
Classic
Gold
Platinum
Biaya Keterlambatan
Rp. 25.000,-
Rp. 50.000,-
Rp.75.000,-
Biaya Over Limit
Rp. 30.000,-
Rp. 50.000,-
Rp.75.000,-


            Biaya Penagihan (Ta’wid)
Jenis kartu
Classic
Gold
Platinum
x-Days – 29 days
Rp. 15.000,-
Rp. 35.000,-
Rp. 110.000,-
30 – 59 days
Rp. 20.000,-
Rp. 50.000,-
Rp. 160.000,-
60 – 89 days
Rp. 25.000,-
Rp. 65.000,-
Rp. 220.000,-
90 – 119 days
Rp. 40.000,-
Rp. 100.000,-
Rp. 340.000,-
120 – 149 days
Rp. 50.000,-
Rp. 120.000,-
Rp. 410.000,-
150 – 179 days
Rp. 60.000,-
Rp. 150.000,-
Rp. 480.000,-
>180 days
Rp. 320.000,-
Rp. 800.000,-
Rp. 2.800.000,-

            Biaya Penagihan
Keterangan
Biaya
Biaya Penggantian Kartu
Rusak/Hilang/dicuri
Untuk kedua kali

Rp. 45.000,-
Biaya Penarikan Tunai
Rp. 80.000,- setiap melakukan penarikan ATM
Biaya Salinan Sales Draf
Rp. 30.000,-/Transaksi
Biaya Penolakan Cek/Giro
Rp. 30.000,-
Biaya Salinan Tagihan
Rp. 5.000,-/bulan (setelah 3 bulan)
Biaya Administrasi Materai
Rp. 3.000,- (Rp. 250.000,- s/d Rp. 1.000.000,-)
Rp. 6.000,- (diatas Rp.1.000.000)

            E. Mekanisme Perhitungan Bagi Hasil Margin
Bank Syariah tidak mengenal bunga, namun nasabah dana akan mendapatkan bagi hasil yang besarnya berdasarkan Nisbah yang telah disepakati diawal pembukaan rekening. Yang dimaksud dengan bagi hasil (revenue sharing) disini adalah sebagai berikut : BNI Syariah akan menginfestasikan atau menyalurkan dana yang terhimpun pada BNI syariah pada aktifitas-aktifitas ekonomi yang tidak bertentangan dengan prinsip Syariah, baik produktif dan konsumtif. Hasil atau pendapatan dari aktifitas tersebut kemudian dikembalikan kepada nasabah sesuai dengan nisbah yang diperjanjikan diawal secara proposional tergantung dari jumplah dan lamanya pengendapan dana. Untuk saat ini rasio yang ditetapkan antara nasabah dan bank adalah :
Produk                                                Nisbah                         EQ Rate
                                    Nasabah          Bank                Nov     Des      Jan
            Tabungan Hasanah                  31%                 70%                 3,28%  3,30%  2,69%
            Tabungan Bisnis Hasanah       40%                 60%                 4,37%  4,41%  3,58%
            THI Hasanah                           25%                 25%                 2,73%  2,75%  2,24%
            Tapeno Hasanah                      50%                 50%                 5,46%  5,51%  4,48%
            Deposito Hasanah DR 1 bln   64%                 36%
                                                3 bln    66%                 34%
                                                6 bln    68%                 32%
                                                12 bln  70%                 30%
            Deposito USD
            6 bulan 15%    85%
            12 bulan 15%  85%
            Kurs Jual – Beli – VA
            Jual – USD      8,970
                        SGD    7,075
                        SAR    2,481
            Kurs Beli – USD         8,970
                               SGD         6,925
                               SAR         2,481                                                                                      
            Jam Kas
            Senin – Kamis             08:00 – 16:00  WIB Jam Kliring
            Jum’at                         07:00 – 16:00 WIB 11:00
            Adapun rumus perhitungna margin adalah sebagai berikut :
GUNA
RUMUS
Rumus Margin
Dana Pokok x (prosentase margin per bulan x jumlah waktu cicilan
Harga Jual Bank
Dana Pokok + margin
Jumplah cicilan
Harga Jual Bank / Jumplah waktu cicilan
            Keterangan :
            Dana Pokok                : Dana yang dipinjam oleh nasabah
            Prosentase Margin       : Ketentuan dari BI yakni 2%
            F. Kendala, Tantangan dan Tanggapan Masyarakat
Beberapa kendala yang dihadapi oleh BNI Syariah cabang Surabaya dapat dibagi sebagai berikut :
Kendala yang saat ini menghambat perkembangan BNI syariah antara lain masih kuatnya budaya sistim perbankan lama yang memberikan hasil lebih pasti (berupa bunga), dibanding perbankan syariah yang returnnya tergantung pada hasil yang diterima oleh bank. Disamping itu sebagian masyarakat bahkan ulama masih ada yang menganggap bunga bank itu halal atau minimal subkhat.
a.       Kendala Internal :
1.      Kendala sosialisasi masih rendahnya sosialisasi yang dilakukan bank syariah,
2.      Kendala hukum berkaitan dengan UU yang mengatur operasional bank syariah, serta tidak ada badan yang jelas untuk menyelesaikan perkara antara pihak bank dengan nasaba.
3.      Kendala oprasional berkaitan dengan masih kurangnya sumber daya manusia serta keahlian dibidang perbankkan syariah, keterbatasan jaringan kantor bank syariah, dan lain-lain.
4.      Pegawai bank masih memiliki pemahaman yang terbatas terhadap prinsip transaksi syariah pada produk-produk Bank syariah, jadi saat dilakukan wawancara cenderung melimpahkan ke partner yang lain.
5.      Belum dapat maksimal melakukan sosialisasi produk kepada masyarakat karena keterbatasan SDM dana.
6.      Fasilitas kurang memadai karena keterbatasan dana yang dimiliki.
b.      Kendala Ekternal :
1.      Kurangnya pemahaman masyarakat tentang produk-produk perbankan yang berlandasan prinsip syariah sehingga mereka cenderung menyamakan dengan produk bank konvensional.
2.      Masyarakat menganggap akad dan persyaratan dalam bank syariah terlalu rumit sehingga mereka memilih bank konvensional yang cenderung lebih mereka kenal.
c.       Tantangan
BNI syariah dituntut untuk menjadikan BNI syariah menjadikan Bank yang benar-benar syariah.
d.      Tanggapan Masyarakat
Adapun tanggapan yang diberikan masyarakat mengenai BNI syariah cabang adalah sebagai berikut :
·         Dalam pelanyanan yang diberikan oleh pihak bank BNI, nasabah cukup puas karena pegawai dan seluruh petugas bank ramah dan berusaha member pelanyanan sebaik mungkin kepada nasabah.
·         Tidak menyulitkan nasabah, calon nasabah, atau pihak manapun yang hendak melakukan transaksi maupun hanya sekedar meminta informasi.
·         Tidak adanya ATM
·         Tidak bisa melakukan pembianyaan yang tinggi

No comments:

Post a Comment